01 May 2010

Nge-receh

Akhirnya dari beberapa minggu lalu nunda-nunda terus untuk update blog, kesampean juga sekarang. Alhamdulillah, disini semakin panas hangat karena udah masuk Spring. Kehidupan sekolah masih oke dan kehidupan di rumah sini juga selalu oke dengan ups and downs nya.

Sebenernya minggu-minggu ke belakang gue lagi sibuk banget sama latihan buat drama, yang bakal gue tulis di post yang laen in two seconds dan sibuk menghitung receh. Ya, ngitung receh! Jadi, di sekolah gue ada yang namanya Penny Wars untuk ngebantu korban genosida di Darfur, Sudan. Keadannya emang parah banget sih kalo ngeliat disini. Penny Wars sendiri bentuknya hampir sama kayak Koin Prita, cuma yang dikhususin disini penny -1 cent- itu sendiri. Persiapannya seminggu buat ngadain ini, mulai dari nempelin flyer tentang fakta-fakta keji tentang genosida di sana, bikin short film tentang Darfur, bikin poster dan bikin bank account buat masukin receh yang nantinya kumpulin.

Poster #1

Poster #2

Kebetulan yang kebagian bikin short film gue. Akhirnya gue research informasi sana sini, dibantuin sama temen-temen yang lain dan Mrs. Fynan, our sponsor. Ngumpulin gambar-gambar penderitaan korban-korban genosida, miris sih ngeliatnya sama fakta-fakta terkini tentang kegiatan genosida disana. Data udah kekumpul, film akhirnya dibuat. Gak nyampe 3 jam, setelah re-read-through sama hostdad gue buat ngecek misgrammatical sentence and misspell, filmnya jadi. Tanggapan dari anak-anak dan gurupun cukup positif.


This short film what they're talking about

Penny Wars diadain selama satu minggu dari 19-26 April, tapi karena banyak jam sekolah yang dipotong sana sini, Penny Warsnya diperpanjang sampe 30 April. Peraturannya, masing-masing kelas harus ngasih penny ke kelas masing-masing dan dibolehin untuk menyabotase dengan masukin dimes -10 cent-, nickel -5 cent-, quarter -25 cent- and bill -$1, $5, $10, $20 and $100- ke kelas lain. Empat uang pecahan terakhir bisa mengurangi point yang didapet satu kelas. Bingung? Gue juga bingung ngejelasinnya. Gigit gue, gigit!

Ternyata persiapannya jauh jauh jauh lebih mudah dari pelaksanaan sesungguhnya, karena puncak dari
Penny Wars ini ya ngitung recehnya itu sendiri. This is just pain in the butt crack. Tiap pulang sekolah kita ke kelas Mrs. Fynan buat ngitung receh yang didapet hari itu. Dan dua minggu full kita harus bolak-balik buat ngitung penny. Yang dibutuhin di sini bukannya yang jago ngitung, tapi yang tahan ngitung setoples krupuk receh dan gak boleh salah, karena bakal masuk ke rekening di bank. Tiap hari ada orang baru yang ngebantuin ngitung receh, jadi beban berkurang dari hari ke hari, walaupun pernah satu hari cuma ada 3 orang yang bantuin dan hari itu lagi banyak-banyak receh yang harus diitung. Mabok receh.


Mabok receh #1


Mabok receh #2


Mabok receh #3


Dan hari terakhir kemaren kita ngitung penny, kita berhasil ngumpulin sampe $1,650 atau sekitar 16 juta. Gak sebanding sih sama yang didapet tahun pertama (dua tahun yang lalu), sekitar $4,000-ish atau 40 jutaan. tapi at least yang kita dapet lebih banyak dari tahun lalu yang sekita $800. Itung sendiri ya kalo di kurs. Gampang kok!


We are penny warriors!

L-R (up) : Mrs. Alexander, Mrs. Fynan, Grace and Okaya

L-R (down) : Jake, Me, Shane, Tyler and Jenna


Yang gue dapet disini adalah gimana cara ngumpulin dengan cara yang mudah dan gak harus ngumpulin duit dengan nominal yang besar. Cukup cemplungin koin dan gak ngerasa kita udah ngeluarin uang buat amal. Itulah poinnya. A humongous tree starts from a tiny seed we plant.

No comments: